Teknik Cepat dan Praktis Menggambar dengan Pensil

Menggambar dengan pensil, di antaranya harus mengetahui teknik dasar membuat arsiran. Pada arsiran ini akan menentukan sifat-sifat atau karakter gambar yang realistis, ekspresif, atau abstrak. Semua itu tergantung dari bagaimana Anda memperlakukan pensil. Misalnya, untuk menghasilkan gambar realistik, Anda perlu memperlakukan pensil dengan mengikuti prinsip-prinsip dari gambar realis seperti pembentukan, menentukan gelap terang, proporsi, anatomi objek, dan prinsip lainnya.

 

Pengarsiran dilakukan untuk memperoleh kesan volume, gelap terang, dan bentuk nyata dari objek. Beberapa karakter arsiran pensil di antaranya ada yang halus, sedang, dan juga kasar tergantung karakter goresan tangan dari individu masing-masing. Selain jenis pensil yang digunakan, tekanan tangan kita saat melakukan pengarsiran akan berpengaruh pula pada nada arsiran.

Jenis arsiran yang kita lakukan sebaiknya sesuai dengan karakter atau tekstur objek yang akan digambar. Gambar dengan gaya realistik dapat dilihat dari hasil akhir gambar yang menyerupai objek sebenarnya. Untuk mencapai hal tersebut, Anda perlu melatih kepekaan indera terhadap pencahayaan (nada gelap terang). Pencahayaan merupakan salah satu prinsip penting yang perlu dipahami dalam menggambar gaya realis. Selain ketepatan menentukan bagian gelap dan terang, Anda juga harus pandai membaca arah cahaya yang datang pada objek.

Nada gelap terang dapat dibentuk oleh arsiran pensil dengan pengolahan berbagai jenis arsir, penggunaan jenis pensil/kode pensil yang berbeda serta perlakuan penekanan pada pensil. Setiap kode pensil yang berbeda memiliki karakter dan nada yang berbeda pula. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghasilkan arsiran yang diinginkan. Perhatikan gambar dan keterangan di bawah ini.

Buku “Drawing Magic 2, Panduan Menggambar Binatang, Alam, dan Benda dengan Pensil" ini akan lebih lanjut mengajarkan Anda menggambar aneka bentuk makhluk hidup dan benda. Buku ini disusun oleh A.R Studio yang merupakan lanjutan dari buku seri pertama, yaitu “Drawing Magic, Panduan Menggambar dengan Pensil. Buku ini ditujukan bagi Anda yang gemar atau hobi corat-coret menggambar binatang, alam, dan benda serta bagi yang ingin mengembangkan kreativitas menggambar menjadi hobi sekaligus juga profesi. Di dalam buku terbitan mediakita ini terdapat prinsip-prinsip dasar dan pengenalan mengenai teknik menggambar dengan gaya gambar realistik dan beberapa contoh karya gambar binatang dengan karakter kartun atau komik serta binatang-binatang imajiner. Buku ini dapat digunakan sebagai panduan menggambar dan juga sebagai referensi dalam studi seni rupa, khususnya dalam studi gambar-menggambar. Selamat berkarya!